BENCHMARKING DAN

PENDAMPINGAN ISO 9001:2015

Rabu, 27 Desember 2023

Sesi Sharing Terkait ISO 9001:2015 Bersama Praktisi Eksternal

ISO 9001 merupakan standar internasional tentang sistem manajemen mutu, dimana sebuah organisasi butuh untuk memperlihatkan kemampuannya secara konsisten untuk memenuhi persyaratan customer, peraturan, dan undang-undang. Standar ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui aplikasi sistem yang efektif termasuk proses untuk perbaikan terus menerus sistem dan jaminan kesesuaian persyaratan customer, peraturan, dan perundang-undangan.

Upaya penerapan ISO 9001 pada Perguruan Tinggi dapat dilihat sebagai sebuah langkah untuk memberikan tata kelola yang baik, meraih praktek pendidikan terbaik, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memberikan respon yang lebih baik pada kebutuhan industri. Beberapa alasan utama organisasi pendidikan seperti perguruan tinggi menerapkan ISO 9001 yaitu:

Dokumentasi Tim SPMPK UISI Bersama Praktisi Eksternal

Sebagai kelanjutan dari workshop ISO 9001:2015 yang telah dilaksanakan pada bulan April lalu, maka Satuan Penjaminan Mutu dan Pengawasan Kinerja melakukan pendampingan penyusunan dokumen ISO 9001:2015. Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan external dengan mengundang praktisi ISO 9001:2015. Pelaksanaannya berupa praktik menyusun dokumen manual ISO 9001:2015 yang terdiri dari 10 klausul diantaranya adalah:

Selain penyusunan dokumen manual, melalui kegiatan ini juga menghasilkan pemetaan SOP dan formulirnya. Selain itu juga merumuskan bagaimana sinergi antar bagian dituangkan didalam dokumen SOP. Terkait kepuasan pelanggan, melalui kegiatan ini juga menghasilkan instrument kuesioner kepuasan layanan bagian berdasarkan harapan dan realisasi menggunakan 5 dimensi Service Quality. Kelima dimensi service quality tersebut yaitu, Tangible (berwujud), Empathy (empati), Reliability (keyakinan), Responsiveness (tingkat responsif atau tanggap), dan Assurance (keandalan). 

Tim SPMPK UISI